This is my Blog. Thanks for visited ♥♡ LOVE YOU ALL! ツ

Kamis, 22 September 2016

FILSAFAT PENDIDIKAN MATEMATIKA



Sebelum mengetahui apa itu filsafat pendidikan matematika itu, lebih baik kita mengetahui apa yang dimaksud filsafat . Filsafat berasal dari bahasa Yunani yang berarti cinta pengetahuan atau kebenaran. Pemikiran-pemikiran dalam filsafat didasarkan atas pemikiran manusia yang hasilnya sangat tergantung pada pandangan filosof atau manusia yang bersangkutan (Jalaluddin, 2007:17). Kebenaran dari filsafat juga bersifat relative yang artinya bahwa kebenaran tersebut masih bias mengalami perkembangan sesuai dengan perubahan zaman dan peradapan manusia.
Filsafat pendidikan adalah pemikiran-pemikiran filsafati tentang pendidikan (proses pendidikan maupun ilmu pendidikan). Sedangkan matematika adalah ilmu pengetahuan yang didapat dengan berpikir nalar (Elea Tinggih dalam Eman Suherman). Maka dari itu filsafat pendidikan matematika dapat dikatakan sebagai filsafat yang mempelajari tentang proses pendidikan matematika. Filsafat yang berhubungan dengan matematika ini akan mempelajari ilmu dan pesan-pesan filsafat yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika dimana terdapat subjek dan objek filsafat. Dan pada hakekatnya guru atau pendidik merupakan subjek dan siswa adalah objek filsafat. Namun alangkah lebih baik jika siswa juga berperan sebagai subjek dimana siswa lebih aktif saat pembelajaran berlangsung.
Kemampuan siswa yang ditumbuhkembangkan dalam mempelajari matematik terdiri atas bagian-bagian matematika yang dipilih untuk menumbuhkembangkan kemampuan-kemampuan dan membentuk pribadi yang berpadu dengan perkembangan IPTEK. Bagian-bagian itu terdiri dari objek-objek pembelajaran matematika baik berupa objek langsung maupun objek tidak langsung. Dengan objek langsung pembelajaran matematika terdiri atas 4 hal yaitu fakta, konsep, prinsip, dan keterampilan. Sedangkan untuk objek tidak langsung antara lain disiplin diri, kemahiran matematika, apresiasi terhadap matematika, dan berpikir secara matematika (logis, rasional, dan eksak).
Filsafat pendidikan matematika mempersoalkan permasalahan-permasalahan sebagai berikut :
1.       Sifat-sifat dasar matematika
2.       Sejarah matematika
3.       Psikologi belajar matematika
4.       Teori mengajar matematika
5.       Psikologi anak dalam kaitannya dengan pertumbuhan konsep matematis
6.       Pengembangan kurikulum matematika
7.       Penerapan kurikulum matematika
Sedangkan filsafat pendidikan matematika menurut Ernest dan Martin (2009:81) adalah mencakup 3 hal, yaitu:
1.       Tujuan dan nilai pendidikan matematika
2.       Teori belajar
3.       Teori mengajar

Penerapan filsafat pendidikan dalam pembelajaran matematika dapat membantu guru atau calon pendidik khususnya matematika sebagai bakal dalam mengajarkan matematika terutama dalam menghadapi siswa. Serta memahami pentingnya konsep pendidikan matematika, praktik pembelajaran matematika dan juga memahami bahasa matematika.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

About

Flag Counter

© Want to know? Visit my Blog∞, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena